Iklan 1060x90

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Jadi Momen Peningkatan Semangat Kerja

Dito Pieter
01 Oktober 2024, Oktober 01, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T12:46:00Z
MediaJawa - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas", Selasa (1/10).

Bertempat di lapangan upacara Rutan Palu, upacara ini diikuti oleh seluruh jajaran Rutan Palu. Dalam upacara tersebut, diwarnai dengan pembacaan Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila sebagai bentuk komitmen untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia, serta sebagai motivasi bagi seluruh jajaran Rutan Palu untuk terus mengimplementasikan nilai Pancasila dalam setiap melaksanakan tugas.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Mohamad Rias, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, berharap Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen peningkatan semangat kerja dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat dan warga binaan.

"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, mari kita bersama mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila serta terus berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas, khususnya dalam mengoptimalkan pelayanan, pembinaan dan pemenuhan hak-hak warga binaan,” imbau Rias.


Ditempat berbeda, Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang memiliki peran yang fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegera. 

Pancasila juga ia yakini menjadi sebuah kompas untuk mewujudkan tujuan banga Indonesia, yakni Indonesia Emas, yang maju, adil dan sejahtera.

“Pancasila bukan hanya sekedar ideologi negara, namun juga menjadi kompas bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan bersama, yakni mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera,” terangnya.

Lebih lanjut, Hermansyah Siregar juga mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

Terlebih, kata dia, nilai-nilai tersebut mesti mencerminkan seluruh pelayanan yang diampuh oleh jajaran Kemenkumham Sulteng.

“Sebagai aparatur negara, kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Jadi Momen Peningkatan Semangat Kerja
  • 0

Berita Terkini

Iklan