Iklan 1060x90

Penguatan Tata Tertib di LPKA Palu Jadi Pondasi Utama Ciptakan Pembinaan Produktif

Dito Pieter
02 Oktober 2024, Oktober 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T05:20:43Z
MediaJawa – Dalam upaya menciptakan suasana pembinaan yang aman dan kondusif, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menekankan pentingnya tata tertib di kalangan anak binaan, Rabu, (2/10/2024).

Dipimpin langsung oleh Kepala Subseksi Administrasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin, Hery Purwono bersama jajaran, setiap anak binaan diingatkan untuk mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan guna menjaga ketertiban serta menciptakan lingkungan yang harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, ia menegaskan bahwa kedisiplinan bukan hanya menjadi bagian dari aturan, tetapi juga sebagai bentuk kesiapan mental anak-anak binaan dalam meraih kehidupan yang lebih baik.

“Kami terus mendorong anak-anak untuk mematuhi setiap tata tertib yang ada, karena ini bukan sekadar aturan, tetapi langkah awal menuju perubahan positif di masa depan,” ujar Hery

Sementara itu, Kepala LPKA Palu, Mohammad Kafi menyebutkan bahwa penguatan tata tertib ini merupakan bagian dari langkah strategis untuk memastikan setiap anak binaan bisa menjalani masa pembinaan dengan baik. 

Kafi juga menjelaskan, bahwa dengan Penguatan ini juga menjadi kesempatan bagi petugas untuk mendengarkan aspirasi dan tantangan yang dihadapi anak binaan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Dengan dialog terbuka, diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara petugas dan anak binaan, sehingga setiap kendala dapat diatasi bersama-sama.

“Disiplin adalah kunci utama dalam proses pembinaan. Dengan menerapkan tata tertib yang baik, kami berharap anak-anak binaan dapat belajar bertanggung jawab dan disiplin, yang akan menjadi bekal berharga saat mereka kembali ke masyarakat. Setiap langkah kecil menuju disiplin adalah langkah besar untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Kafi.

"Hal ini menjadi komitmen kita untuk terus memberikan pembinaan yang berfokus pada kedisiplinan dan pembentukan karakter, agar anak-anak binaan dapat kembali ke masyarakat dengan bekal mental dan moral yang lebih baik," tambahnya

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar. Menurutnya, penguatan tata tertib merupakan fondasi utama dalam menciptakan lingkungan pembinaan yang produktif.

“Penerapan tata tertib yang konsisten akan memberikan dampak positif bagi perkembangan mental anak binaan. Ketertiban ini menjadi langkah awal untuk membangun karakter yang kuat dan disiplin, sehingga kelak mereka dapat kembali ke masyarakat dengan kepribadian yang lebih baik dan siap berkontribusi positif,” tegas Hermansyah Siregar.

Hermansyah Siregar juga memberikan dukungan penuh kepada petugas dan anak binaan, serta mendorong kolaborasi antara LPKA Palu dan berbagai pihak terkait untuk menciptakan program pembinaan yang inovatif dan efektif. 

“Kami berharap setiap anak binaan dapat merasakan dukungan dan perhatian dari berbagai elemen masyarakat, sehingga mereka memiliki semangat untuk berubah dan berkembang. Bersama-sama, kita bisa mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi mereka,” tutupnya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Penguatan Tata Tertib di LPKA Palu Jadi Pondasi Utama Ciptakan Pembinaan Produktif
  • 0

Berita Terkini

Iklan