Iklan 1060x90

Pemutakhiran Data Jelang Pilkada, Rutan Palu Terima Kunjungan Sosialisasi dari KPU Kota Palu

11 Oktober 2024, Oktober 11, 2024 WIB Last Updated 2024-10-11T14:08:04Z

MediaJawa - Sebagai langkah aktual pemutakhiran data jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu dan bersama lakukan sosialisasi ke warga binaan, Kamis (10/10).

Pada kesempatan itu Rutan Palu bersama KPU menyosialisasikan tentang syarat dan ketentuan pindah memilih untuk warga binaan di Rutan Palu. Hal ini mengingat keragaman warga binaan yang tidak semuanya berdomisili di Palu serta keterbatasan proses pidana sehingga mengharuskan warga binaan melangsungkan lokasi memilih di dalam rutan.

"Sebanarnya kan memilih ini harus pada TPS seusai dengan domisili KTP, tapi karena keterbatasan dari rekan-rekan warga binaan disini, maka regulasi lokasi khusus itu dikeluarkan untuk memudahkan rekan-rakan menggunakan hak suaranya, sehingga lokasi memilihnya nanti dipindahkan semuanya disini," terang Muhammad Musba, Komisioner KPU Kota Palu Divisi Perencanaan Data dan Informasi.

Sementara itu, Herdi, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Palu, yang saat itu turut memberi sosialisasi mengungkapkan bahwa kelangsungn proses hukum menjadi salah satu tantangan dalam melakukan pemutakhiran data untuk calon pemillih di dalam Lapas dan Rutan.

"Proses hukum yang berjalan menjadi tantangan bagi kami untuk memutakhirkan data, sewaktu-waktu ada warga binaan yang bebas dan ada tahanan baru yang masuk, ini dinamika yang tidak bisa kita hindari, Namun dengan kerja sama yang baik dengan KPU kita dapat mengatasinya," jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, berharap semua pelaksanaan pilkada pada lapas dan rutan nantinya dapat berjalan lancar dan bersih dari gangguan ketertiban.

Ia berpesan agar seluruh jajarannya dapat terus mengoptimalkan proses pemenuhan data kependudukan dari seluruh warga binaan.

Hal itu, kata Hermansyah Siregar, menjadi salah satu langkah untuk memastikan hak konstitusi seluruh warga binaan terpenuhi dengan baik.

“Semoga saja Pilkada di Bulan November mendatang berjalan lancar,” tandas Hermansyah Siregar. (An)

- Rutan Palu

Komentar

Tampilkan

  • Pemutakhiran Data Jelang Pilkada, Rutan Palu Terima Kunjungan Sosialisasi dari KPU Kota Palu
  • 0

Berita Terkini

Iklan