Iklan 1060x90

Pastikan Kondusifitas Lapas, Kalapas Samarinda Hudi Ismono Trolling dan Sapa WBP di Blok Hunian

09 Oktober 2024, Oktober 09, 2024 WIB Last Updated 2024-10-09T11:30:16Z
MediaJawa - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Samarinda Hudi Ismono didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) Sukardi, Kepala Seksi Bimbingan Napi/Anak Didik Pariadi, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib Joni Wasinton S, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Abdul Wahid, Kepala Seksi Kegiatan Kerja Baliono dan jajaran melakukan kontrol keliling blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Samarinda, Rabu (9/10/2024).

Lapas Samarinda mempunyai beberapa blok hunian untuk para WBP. Selain trolling, Kalapas juga menyapa para WBP untuk mendengar aspirasi, memastikan para WBP sehat, serta menghimbau agar para WBP turut menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan blok hunian.

Kontrol keliling atau yang akrab dengan istilah Trolling, merupakan agenda wajib jajaran pengamanan di Lapas maupun Rutan. Sesuai dengan Permenkumham No. 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara, Kontrol adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengendalian secara seksama terhadap sasaran pelaksanaan tugas pengamanan. Ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban pada Lapas atau Rutan.

Kalapas Kelas IIA Samarinda, Hudi Ismono menjelaskan bahwa tujuan Kalapas melakukan kontrol blok hunian secara rutin adalah untuk mengetahui secara langsung keadaan blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik dari keadaan kamar, kebersihan, sanitasi kamar dan lingkungan blok, sarana keamanan serta kondisi kesehatan dari para WBP itu sendiri.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk monitoring dan evaluasi berdasarkan keadaan di lapangan sebagai bahan penentuan kegiatan dalam rangka pemeliharaan baik bangunan. Untuk memastikan kondisi bangunan lapas dalam keadaan aman, pengecekan terhadap sudut-sudut bangunan yang rentan terjadi pelarian, atau dijadikan tempat persembunyian barang terlarang juga merupakan fokus dilakukannya trolling sebagai bagian dari upaya deteksi dini memastikan keamanan dan ketertiban Lapas Samarinda.

“Semoga Lapas Samarinda selalu aman, tertib dan kondusif”, pungkas Kalapas.

Lapas Samarinda beserta jajaran akan terus melakukan tugas pokok dan fungsi membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan melalui Kadivpas Kaltim Endang Lintang Hardiman, yang menekankan untuk UPT pemasyarakatan melaksanakan Zero Halinar sebagai Komitmen Petugas Pemasyarakatan dalam menjalankan 3 kunci Pemasyarakatan Maju plus back to basic.

- Lapas Samarinda 
Komentar

Tampilkan

  • Pastikan Kondusifitas Lapas, Kalapas Samarinda Hudi Ismono Trolling dan Sapa WBP di Blok Hunian
  • 0

Berita Terkini

Iklan