Iklan 1060x90

Laksanakan VCT Mobile, Rutan Palu Cegah Penyebaran Penyakit Menular untuk Warga Binaan

14 Oktober 2024, Oktober 14, 2024 WIB Last Updated 2024-10-14T14:17:36Z

MediaJawa – Cegah adanya Penyakit Menular seksual, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng lakukan pemeriksaan kesehatan dan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Mobile untuk Warga Binaan, Senin (14/10).

Dilaksanakan di Aula Pogombo, tenaga kesehatan Rutan Palu yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Birobuli dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Kegiatan VCT Mobile ini dilakukan untuk meningkatkan Kesehatan dan mencegah Penularan Penyakit menular Siphilis, Hepatitis dan HIV AIDS di lingkungan Rutan.

Pada Kegiatan yang diikuti 146 orang warga binaan ini, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Palu, Herdi, mengapresiasi sinergi dan dedikasi yang tak henti dari Dinas Kesehatan Kota Palu, Puskesmas Birobuli serta PKBI yang terus membantu kegiatan deteksi dini tersebut. Ia berharap semua Warga Binaan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan saksama.

“Saya sangat berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjaga Kesehatan dan mencegah terjadinya penularan penyakit menular bagi Warga Binaan, serta menjadi upaya yang terus berkelanjutan petugas Rutan untuk dalam memberikan Pelayanan Prima kepada Warga Binaan”, tutur Herdi.

Selain VCT, dalam kesempatan ini dilakukan juga Survei Batuk untuk mencegah adanya potensi perkembangan virus Tuberkulosis (TB) disekitar warga binaan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, juga sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan VCT ini dan berpesan kepada para petugas agar lebih menekankan dan menerapkan Pola Hidup Sehat bagi Warga Binaan selama menjalankan proses pembinaan.

"VCT Mobile merupakan salah satu wujud nyata dari Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu melakukan deteksi dini dalam bidang Kesehatan bagi warga binaan, karena kesehatan juga merupakan salah satu prioritas dalam hal pelayanan,” Ungkap Hermansyah. (Pm)

- Rutan Palu
Komentar

Tampilkan

  • Laksanakan VCT Mobile, Rutan Palu Cegah Penyebaran Penyakit Menular untuk Warga Binaan
  • 0

Berita Terkini

Iklan