Iklan 1060x90

Inspeksi Mendadak, Kalapas Palu Pastikan Keamanan dan Ketertiban Lapas Terjaga

07 Oktober 2024, Oktober 07, 2024 WIB Last Updated 2024-10-07T12:06:35Z

MediaJawa – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Palu, Makmur, secara mendadak melakukan inspeksi keliling ke seluruh area Lapas Palu pada hari Senin (7/10/2024). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas tetap terjaga.

Didampingi oleh Kepala Seksi Pengamanan dan Kegiatan (KPLP) Marthen Limbong, Kepala Seksi Kamtib Muh. Anis, beserta staf Bimbingan Masyarakat (Bimmaswat), Kalapas memulai inspeksi dari Klinik Perawatan Lapas. Selanjutnya, rombongan meninjau langsung area pembinaan kegiatan kerja Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dapur Lapas, dan seluruh blok hunian.

Inspeksi mendadak ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban. Makmur menekankan pentingnya deteksi dini sebagai kunci utama dalam menjaga kondusivitas Lapas. “Kegiatan ini rutin kami lakukan untuk memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan yang timbul. Dengan deteksi dini, kita dapat mengambil tindakan preventif sebelum masalah menjadi lebih besar,” ujarnya.

Selain mengecek keamanan, ia juga memperhatikan aspek kebersihan lingkungan, kelengkapan, dan kelayakan sarana dan prasarana yang ada. “Keadaan lingkungan yang bersih dan sehat sangat penting untuk mendukung proses pembinaan. Begitu pula dengan sarana dan prasarana yang memadai akan meningkatkan kualitas hidup warga binaan,” tambah Kalapas.

Sementara itu, Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng mengapresiasi atas konsistensi Lapas Palu dalam memastikan lingkungannya terbebas dari gangguan Kamtib.

Hermansyah Siregar juga menekankan pentingnya sinergitas antara petugas dan warga binaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban Lapas. “Saya berharap seluruh warga binaan dapat turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan Lapas. Dengan kerja sama yang baik, kita dapat menciptakan Lapas yang aman, nyaman, dan produktif,” ungkapnya.
Bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Yudi Suseno, Hermansyah Siregar mengatakan bahwa Inspeksi mendadak ini sejalan dengan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan bahwa salah satu kunci pemasyarakatan maju adalah deteksi dini.

Kanwil Kemenkumham Sulteng berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan di seluruh Lapas/Rutan, sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik.

“Hadirkan pelayanan yang berkualitas dan berdampak, menjadi fokus kita semua, semoga berjalan lancar,” tutup Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng
Komentar

Tampilkan

  • Inspeksi Mendadak, Kalapas Palu Pastikan Keamanan dan Ketertiban Lapas Terjaga
  • 0

Berita Terkini

Iklan