Iklan 1060x90

Imigrasi Tahuna Gelar Operasi JAGRATARA Tahap III Tahun 2024

14 Oktober 2024, Oktober 14, 2024 WIB Last Updated 2024-10-14T12:39:32Z
MediaJawa – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna melaksanakan Operasi "JAGRATARA" tahap III Tahun 2024 di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, yang kali ini difokuskan di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (SITARO), Sabtu (12/10).

Pelaksanaan Operasi JAGRATARA Tahap III Tahun ini diawali dengan Apel Persiapan Operasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Tahuna, Wijay Kumar, yang menyampaikan agar mempersiapkan segala yang diperlukan dalam pelaksanaan operasi JAGRATARA.

“Operasi ini akan dilaksanakan secara mendadak sehingga tidak diketahui oleh target operasi, selain itu kegiataan akan berjalan sesuai dengan titik-titik pengawasan yang sudah direncanakan dan tentunya dilaksanakan secara humanis dan tegas sesuai SOP yang berlaku” ujarnya.

Tim Operasi JAGRATARA bergerak menuju sasaran operasi yaitu beberapa hotel dan penginapan yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro antara lain Karatu Homestay, Hotel Jakarta, Kalea Beach Resort, Penginapan Wisata Bahari dan penginapan Siau inn. 

Selanjutnya tim menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangan tim adalah dalam rangka melaksanakan pengawasan Orang Asing, sekaligus memberikan edukasi terkait kewajiban setiap pemilik/pengelola tempat penginapan untuk melaporkan keberadaan Orang Asing yang menginap. Kedatangan tim diterima dengan baik oleh pemilik/pengelola hotel dan tempat penginapan tersebut dengan menjelaskan bahwa selalu menyampaikan keberadaan Orang Asing melalui grup WhatsApp Pengawasan Orang Asing Sitaro.

Dari beberapa beberapa hotel dan penginapan yang menjadi sasaran operasi, tim mendapati keberadaan Orang Asing di Kalea Beach Resort. Pengelola Kalea Beach Resort, Corneles Berhimpong, menyampaikan bahwa saat ini terdapat 5 (lima) Orang Asing yang sedang menginap di Kalea Beach Resort bersama 1 (satu) orang WNI yang merupakan Penjamin dari 5 Orang Asing tersebut. Tim melaksanakan pemeriksaan sesuai SOP dan dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian, semua sesuai dengan ijin tinggal yang diberikan. 

Adapun tujuan kedatangan 4 (empat) Orang Asing tersebut yaitu dalam rangka pembuatan Film Dokumenter berjudul “Indonesia Vulcanic Island” dan memiliki visa yang sah dan masih berlaku, serta memiliki rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kepala Kantor Imigrasi Tahuna, Wijay Kumar, mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kerjasama selama pelaksanaan kegiatan operasi JAGRATARA, sekaligus memberikan edukasi terkait keberadaan dan kegiatan Orang Asing selama berada di wilayah Indonesia.

- Kanim Tahuna 
Komentar

Tampilkan

  • Imigrasi Tahuna Gelar Operasi JAGRATARA Tahap III Tahun 2024
  • 0

Berita Terkini

Iklan