Iklan 1060x90

Hari Batik Nasional! Kemenkumham Sulteng: Wujudkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Dito Pieter
02 Oktober 2024, Oktober 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T06:22:19Z
MediaJawa – Hari ini, 2 Oktober, seluruh rakyat Indonesia kembali merayakan Hari Batik Nasional. Peringatan tahun ini mengusung tema “Bangga Berbatik” yang diusung oleh Yayasan Batik Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya Indonesia yang diakui dunia.

Batik, sebagai warisan budaya tak benda UNESCO, telah menjadi simbol identitas bangsa. Hal itu, menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Hermansyah Siregar mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memperkuat rasa cinta dan bangga terhadap batik sebagai bagian dari jati diri bangsa.

“Batik bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga representasi dari nilai-nilai luhur bangsa. Seluruh dunia sudah tahu, bahwa Batik adalah Indonesia, ini menjadi kebanggaan kita semua,” katanya.

“Salah satu cara untuk mewujudkan rasa cinta itu, yakni kita harus bahu membahu untuk bangga akan buatan Indonesia, yang dihasilkan oleh bangsa kita sendiri,” tambahnya.

Sebagai Campaign Manager dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) di Sulteng, Hermansyah Siregar mengatakan bahwa Kemenkumham Sulteng terus berusaha membangun kesadaran masyarakat untuk menggaungkan Gernas BBI/BBWI tahun 2024.

Koordinasi dan kerja sama melibatkan berbagai Kementerian/Lembaga terkait pun digencarkan seperti, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bank Indonesia Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sulteng, dan Pemda Kabupaten Poso.

Ia menguraikan pada bulan Oktober 2024, semarak Gernas BBI/BBWI akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Festival Danau Poso yang dipusatkan di Anjungan Danau Poso, Tentena, Kab. Poso dan berlangsung pada tanggal 11 Oktober hingga 13 Oktober 2024.

Hermansyah Siregar mengatakan kegiatan ini diproyeksikan akan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pasalnya, tidak hanya menampilkan produk-produk lokal Indonesia, momen tersebut juga akan menampilkan pertunjukan seni dan budaya Indonesia.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut serta dalam festival fenomenal tersebut, kata Hermansyah, kesadaran bersama akan gerakan nasional tersebut, menjadi salah satu kunci kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

“Ini kegiatan kita semua, dari kita untuk kita, mari menjadi bagian dalam sejarah kemajuan bangsa yang besar ini, mari jadi pelopor Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia,” tandas Hermansyah Siregar.

- Kanwi Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Hari Batik Nasional! Kemenkumham Sulteng: Wujudkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia
  • 0

Berita Terkini

Iklan