Iklan 1060x90

Hadirkan Pembicara Internasional, Kanwil Kumham Kaltim Bahas Kehumasan di Era Digital

Dito Pieter
02 Oktober 2024, Oktober 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T11:41:09Z
MediaJawa - Melalui aktivitas safari Silaturahim dan sebagai bentuk sinergitas dalam membangun komunikasi efektif di bidang kehumasan khususnya pada lingkungan Kanwil Kemenkumham Kaltim, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan menghadirkan sahabat karib sekaligus Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr. Aqua Dwipayana dalam kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertempat di Aula Sudirman Kantor Imigrasi Kelas I TPI kota Balikpapan (Rabu, 2 Oktober 2024).

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Kalapas Samarinda Hudi Ismono Bersama tim Humas, Agus Maulana dan Iqbal.

Mengawali kegiatan 'berbagi' ini, Kakanwil Gun Gun Gunawan mengajak jajaran yang hadir untuk memanfaatkan momen langka ini dengan menyimak dengan seksama apa yang akan disampaikan narasumber kali ini yang juga merupakan pembicara dan motivator internasional.

Kakanwil Gun Gun Gunawan juga menekankan kepada jajaran UPT yang hadir untuk menjadi pimpinan pada tanggung jawab sendiri.

Hal tersebut dimaksudkan Kakanwil Gun Gun Gunawan, sebagai bentuk pengingat kepada para pegawai yang menyandang status sebagai seorang ASN.

"Tetaplah berintegritas dan tanamkan integritas itu pada diri kita sendiri. Semoga ilmu dari Dr. Aqua Dwipayana ini dapat bermanfaat bagi kita semua", ujar Gun Gun Gunawan menutup sambutannya.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang Lintang Hardiman, para Kepala UPT serta pejabat maupun pegawai di bidang kehumasan pada Kantor Wilayah maupun UPT kota Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong.

Dalam kesempatan yang baik ini, Dr. Aqua Dwipayana menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kakanwil Gun Gun Gunawan atas kesempatan yang telah diberikan untuk dapat berkenalan serta sharing komunikasi dan motivasi pada jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Sebagai motivator, Dr. Aqua menyampaikan kepada jajaran yang hadir tetap ingat 3 konsep hidup, yakni Berdoa, Bekerja dan Bersyukur.

Mengutip nilai-nilai yang selalu ditekankan Kakanwil Gun Gun Gunawan, yakni Rencanakan Kerjamu, Kerjakan Rencanamu, Disiplin tanpa diawasi, Bekerja tanpa di perintah, Dr. Aqua mengingatkan kepada jajaran untuk terus membangun diri dengan konsep 3K, Komitmen, Konsisten dan Kredibilitas.

Terkait kehumasan, mantan wartawan senior Jawa Pos ini juga menyampaikan bahwa komunikasi memainkan peran penting dalam membentuk dan memelihara hubungan antar individu.

Mengusung tema Membangun Sinergi Melalui Komunikasi Efektif Meningkatkan Kompetensi Kehumasan Di Era Digital, khususnya di jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim, Dr. Aqua menyampaikan untuk belajar menjadi seorang humas yang komunikatif.

Ada 10 Faktor Kunci yang menentukan keberhasilan humas dalam kegiatan media dan publikasi menurut pakar komunikasi dan motivator nasional tersebut :

1. Kredibilitas dan Kepercayaan.

2. Pemilihan media yang tepat

3. Konten yang relevan dan bernilai

4. Timing dan konsistensi

5. Hubungan baik dengan media

6. Kecepatan dan responsif

7. Pengelolaan krisis yang efektif

8. Evaluasi dan pengukuran dampak

9. Kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi

10. Komunikasi dua arah

"Keberhasilan Humas Dalam Media Publikasi Tidak Hanya Bergantung Pada Kualitas Konten Yang Disebarkan, Tetapi Juga Bagaimana Membangun Hubungan Dengan Media, Pesan Disampaikan, Serta Kemampuan Dalam Merespons, Beradaptasi Terhadap Situasi Dan Teknologi", tegas Dr. Aqua sekaligus menutup paparannya.

Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan pemberian plakat oleh Kakanwil Gun Gun Gunawan kepada Dr. Aqua Dwipayana. 

- Lapas Samarinda 
Komentar

Tampilkan

  • Hadirkan Pembicara Internasional, Kanwil Kumham Kaltim Bahas Kehumasan di Era Digital
  • 0

Berita Terkini

Iklan