Iklan 1060x90

Deteksi Dini HIV/AIDS, Lapas Narkotika Karang Intan Gelar VCT Mobile

Anna Shaera
26 Oktober 2024, Oktober 26, 2024 WIB Last Updated 2024-10-26T00:59:10Z

MediaJawa – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan gandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar dan Puskesmas Martapura 2 gelar Voluntary Counseling and Testing (VCT) Mobile HIV/AIDS terhadap Warga Binaan, Jum’at (25/9). Kegiatan ini dilangsungkan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, TBC, dan Hepatitis di lingkungan Lapas Narkotika Karang Intan.

 

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Edi Mulyono, menuturkan kegiatan tersebut sebagai deteksi dini kesehatan Warga Binaan. Adapun sasarannya adalah 200 Warga Binaan, ditambah enam orang dilakukan tes mantoux bagi yang pernah satu kamar dengan Warga Binaan positif TBC. 

 

“Ketika nantinya diketahui ada yang positif, segera akan kami tindak lanjuti dengan pengobatan terfokus sehingga mendapatkan penanganan tepat,” tegas Edi.

 

Pihak Lapas menyampaikan terima kasih kepada Dinkes Banjar dan Puskesmas Martapura 2 yang telah melakukan VCT mobile di Lapas Narkotika Karang Intan. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam meningkatkan derajat kesehatan Warga Binaan sehingga mereka bisa mengikuti pembinaan dengan optimal,” tambah Edi.

 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Banjar, drg. Yasna Khairina, mendukung upaya Lapas Narkotika Karang Intan dalam meningkatkan derajat kesehatan Warga Binaan melalui VCT. Nantinya, pada Warga Binaan tidak hanya dites secara sukarela, namun juga mendapatkan konseling serta informasi yang tepat mengenai HIV/AIDS, TBC, dan Hepatitis. 

 

“Kami berharap layanan ini membantu mendeteksi dini kasus HIV, TBC, dan Hepatitis di Lapas serta memberikan dukungan bagi yang tertular/penderita HIV,” harap drg. Yasna. 


- Lapas Narkotika Karang Intan

 

Komentar

Tampilkan

  • Deteksi Dini HIV/AIDS, Lapas Narkotika Karang Intan Gelar VCT Mobile
  • 0

Berita Terkini

Iklan