Iklan 1060x90

Cegah Gangguan Keamanan, LPKA Palu Gelar Penggeledahan Rutin Wisma Anak Binaan: Pastikan Bebas dari Barang Terlarang!

08 Oktober 2024, Oktober 08, 2024 WIB Last Updated 2024-10-08T08:55:02Z

MediaJawa — Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar penggeledahan rutin di seluruh wisma anak binaan, Selasa (8/10/2024), sebagai upaya menciptakan lingkungan pembinaan yang aman dan kondusif.

Kegiatan ini melibatkan seluruh jajaran Pengawasan LPKA Palu, guna memastikan tidak ada barang terlarang atau benda-benda berbahaya yang disimpan oleh para anak binaan.

Penggeledahan dilakukan secara menyeluruh dan teliti, mulai dari area tempat tidur, loker penyimpanan, hingga setiap sudut ruangan di masing-masing wisma. Setiap petugas bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, mengedepankan sikap humanis namun tetap tegas, agar anak binaan merasa aman dan nyaman selama proses berlangsung.

“Kegiatan ini merupakan langkah preventif kami untuk menghindari terjadinya gangguan keamanan yang bisa membahayakan anak binaan maupun petugas. Kami tidak hanya mencari barang terlarang, tapi juga membangun kesadaran di kalangan anak binaan tentang pentingnya ketertiban dan keamanan,” ujar Kepala LPKA Palu, Mohammad Kafi.

Adapun hasil dari penggeledahan kali ini, antara lain : Spidol 3 buah, Rautan Pensil 4 buah, Penggaris mika 3 buah, gelas kaca 1 buah, tali pita 1 buah, sendok berbahan stainless 2 buah.

Lebih lanjut, Ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan razia serupa secara berkala sebagai bentuk komitmen dalam mendukung keamanan di lingkungan lembaga. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, para anak binaan dapat lebih memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif untuk mendukung proses pembinaan yang optimal.

“Hasil penggeledahan nantinya didata dan disimpan pada ruangan staf pengawasan untuk sebagai bahan laporan, apabila berbahaya maka akan dimusnahkan. Keamanan adalah prioritas utama, kami akan pastikan LPKA Palu bebas dari segala bentuk penyimpangan yang bisa mengganggu proses pembinaan dan tumbuh kembang anak-anak di sini,” tegas Kafi.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, juga memberikan dukungan terhadap kegiatan ini. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara LPKA Palu dan instansi terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

"Penggeledahan rutin seperti ini adalah langkah yang sangat baik. Kami berharap LPKA Palu terus menjaga komitmennya dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung proses pembinaan yang positif bagi anak-anak binaan," ungkap Hermansyah.

Lebih lanjut, Hermansyah juga menekankan pentingnya pelayanan yang humanis dan harmonis di LPKA Palu. “Kami mendorong semua petugas untuk menerapkan pendekatan yang lebih humanis dalam pembinaan, sehingga anak binaan dapat merasa dihargai dan didukung. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memajukan pelayanan pemasyarakatan yang tidak hanya aman, tetapi juga memberikan keadilan dan kesempatan bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik,” pungkasnya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng
Komentar

Tampilkan

  • Cegah Gangguan Keamanan, LPKA Palu Gelar Penggeledahan Rutin Wisma Anak Binaan: Pastikan Bebas dari Barang Terlarang!
  • 0

Berita Terkini

Iklan