Iklan 1060x90

Wujudkan Pelaporan Yang Akuntabel, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Jajaran Ikuti Monev SAKIP T.A. 2024 Gelaran Kanwil Kaltim

Dito Pieter
30 September 2024, September 30, 2024 WIB Last Updated 2024-09-30T08:05:40Z
MediaJawa - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mempunyai peran strategis dalam upaya meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang Akuntabel serta bebas dari KKN. Menindaklanjuti hal tersebut, Senin, (30/09/2024) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Timur menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan SAKIP.

Hadir mengikuti kegiatan Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha Abdul Wahid dan operator.

Kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Wilayah tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah, Gun Gun Gunawan yang diwakili Kepala Bagian Program dan Humas, Munaji dengan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Eka Budi Suprasetya dan seluruh operator SAKIP, LKJIP, MR dan SPIP pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Dalam kegiatan ini, Kabag Program dan Humas menyampaikan sambutan Kakanwil terkait tujuan pelaksanaan kegiatan Monev SAKIP Tahun 2024 yaitu untuk meningkatkan Nilai SAKIP Kementerian Hukum dan HAM sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja,Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja.

Munaji berharap kepada seluruh operator yang mengikuti kegiatan ini agar turut berperan aktif dalam berdiskusi, sehingga kedepan dapat menyusun dan menyajikan laporan lebih baik lagi. "Akan menjadi sia-sia jika sebuah kegiatan yang dilaksanakan dengan baik namun tidak disajikan bukti konkrit tersebut dalam dokumen laporan yang baik, sudah semestinya momen ini kita manfaatkan dengan sebaik mungkin guna penyusunan laporan yang lebih berkualitas, dengan laporan yang baik dan data output maupun outcame yang benar tentunya akan memudahkan dalam mengevaluasi kegiatan selanjutnya,” Ucap Munaji.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber dari Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal Kemenkumham yaitu Yudhistira Hendragus Sihombing, Achmad Ramadhoni dan Verawati terkait penguatan penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Dengan adanya Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan SAKIP, Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Gun Gun Gunawan berharap dapat menghasilkan output berupa Laporan yang Akuntabel, sehinga kita semua terus berkomitmen untuk memastikan pertanggungjawaban penggunaan APBN dapat disampaikan secara proporsional, transparan dan akuntabel. 

- Lapas Samarinda 
Komentar

Tampilkan

  • Wujudkan Pelaporan Yang Akuntabel, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Jajaran Ikuti Monev SAKIP T.A. 2024 Gelaran Kanwil Kaltim
  • 0

Berita Terkini

Iklan