Iklan 1060x90

Upaya Pembinaan Berkelanjutan, Rutan Palu Pindahkan 15 Narapidana

Dito Pieter
09 September 2024, September 09, 2024 WIB Last Updated 2024-09-09T10:56:02Z
MediaJawa – Sukseskan program pembinaan warga binaan dan sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib). Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah memindahkan 15 narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu, Senin (9/9).

Pada kesempatan ini, proses pemindahan narapidana diawasi langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.Kpr), Muh. Rias bersama Kapala Subseksi Pelayanana Tahanan, Herdi, Kepala Subseksi Pengelolaan, Radotman Sinaga dan anggota pengamanan.

Kepala Rutan Palu, Yansen, menjelaskan bahwa pemindahan narapidana merupakan hal yang wajar dengan tujuan pembinaan berkelanjutan serta pemerataan penghuni.

"Pemindahan narapidana dari Rutan Palu ke Lapas Palu merupakan hal yang wajar dilakukan. Selain untuk pembinaan berkelanjutan, pemindahan ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan faktor keamanan didalam Rutan," jelas Yansen.

 "Selain itu, pemindahan ini dilakukan karena Rutan Palu sudah sangat over kapasitas dan ini sebagai langkah deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta pelaksanaan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju + Back to Basics," tambah Yansen.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menerangkan bahwa semua narapidana yang dipindahkan ke Lapas Palu sudah menjalani pemeriksaan yang ketat.

"Semua pemindahan narapidana yang dilakukan sesuai SOP baik saat pengawalan, maupun saat penerimaan di Lapas Palu. Ada pemeriksaan dokumen dan administrasi hingga penggeledahan badan untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang masuk," jelas Hermansyah.

Lebih lanjut, Kakanwil Hermansyah Siregar ungkapkan walapun dilakukan pemindahan, jumlah warga binaan yang tersisa di Rutan Palu masih melebihi kapasitas, akan tetapi hal tersebut menjadi lebih baik dibanding kondisi sebelumnya. 

“Kami menyadari kondisi Rutan Palu masih over kapasitas. Dengan petugas yang ada dan kolaborasi dengan aparat penegak hukum lainnya, kami percaya Rutan Palu dapat mengoptimalkan setiap pelayanan dan program pembinaan yang ada serta menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban," terang Hermansyah. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Upaya Pembinaan Berkelanjutan, Rutan Palu Pindahkan 15 Narapidana
  • 0

Berita Terkini

Iklan