Iklan 1060x90

Sinergi dengan Akademisi, Rutan Palu Terima Kunjungan LPPM Universitas Tadulako

Dito Pieter
28 September 2024, September 28, 2024 WIB Last Updated 2024-09-28T08:19:56Z

MediaJawa - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng terus berupaya membangun kepercayaan publik di masyarakat dengan banyak bersinergi, salah satunya dengan pihak akademisi.

Membuktikan hal tersebut, Rutan Kelas IIA Palu baru saja menerima kunjungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tadulako, Jum'at (27/9) yang bermohon izin untuk melakukan penelitian dan pengambilan sampel data terkait Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Rutan Kelas IIA Palu.

Pada Kesempatan itu, pihak LPPM Universitas Tadulako yang dipimpin oleh, Dr. Arwan, S.KM.,M.Kes, disambut baik oleh Kepala Rutan Palu, Yansen, AMd.IP, bersama pejabat struktural di ruangan tamu Rutan Palu.

Yansen mengungkapkan pertemuan tersebut menjadi langkah awal kerja sama Rutan Palu dengan LPPM Untad dalam membuat skema mitigasi bencana alam untuk warga binaan.

"Ini akan menjadi langkah awal kami membangun sinergi, kedepan harapannya akan ada skema mitigasi bencana yang akan kita rancang bersama LPPM Untad untuk Blok Hunian," ungkapnya.

Membenarkan hal tersebut, Arwan, turut menambahkan bahwasanya selain penelitian, data yang telah diambil akan diteruskan untuk dikembangkan menjadi dasar penyusunan mekanisme mitigasi bencana gempa bumi yang akan direkomendasikan ke pihak rutan.

"Sampel data yang kami ambil akan kami teliti dan insya Allah akan dibuatkan peta mitigasinya dan bisa kami rekomendasikan ke Rutan, selain itu jika berkesempatan dan diizinkan nantinya kami juga akan membuat simulasi gempa bumi untuk warga binaan," sambung Arwan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregarmengapresiasi rencana kerjasama tersebut dan berharap agar cepat terealisasi dan diaplikasikan.

"Tentu ini gerakan yang sangat baik untuk kemajuan kinerja di Rutan dan Lapas, saya harap rekan-rekan Rutan Palu bisa cepat merealisasikannya dan bisa dicontoh lapas dan rutan lainnya," ucap Hermansyah Siregar

Dalam kunjungan ini pihak LPPM Untad meninjau beberapa lokasi dan fasilitas mitigasi bencana di Rutan termasuk di dalam blok hunian. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Sinergi dengan Akademisi, Rutan Palu Terima Kunjungan LPPM Universitas Tadulako
  • 0

Berita Terkini

Iklan