Iklan 1060x90

Rutan Palu Terima Kunjungan Polda Sulteng, Optimalkan Keamanan dan Kondusifitas Pilkada 2024

Dito Pieter
14 September 2024, September 14, 2024 WIB Last Updated 2024-09-14T08:21:32Z
MediaJawa - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng menerima kunjungan dari tim Satgas Edukasi Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah, dalam rangka koordinasi keamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sulawesi Tengah, Sabtu (14/9).

Bertempat di Ruangan Tamu Rutan Palu, kunjungan Polda tersebut disambut baik oleh Kepala Subseksi Pengelolaan, Radotman Sinaga.

Dalam kunjungan ini tim Satgas Edukasi Polda Sulteng berkoordinasi terkait persiapan-perisapan yang telah dilakukan oleh Rutan Palu menjelang pilkada termasuk persiapan pengamanan di saat hari pencoblosan tiba.

"Kedatangan kami disini sebagai perwakilan masyarakat dan sebagai sesama anggota penegak hukum, bermaksud untuk berkoordinasi terkait persiapan pilkada di Rutan Palu yang mana para warga dan disini akan ikut memilih nantinya, barangkali dan sudah semestinya kita semua bersama-sama mensukseskan pilkada ini situasi aman kondusif nantinya," jelas AKP Reki, Bimas Satgas Edukasi Polda Sulteng.

Mewakili Karutan, Radot menyatakan siap dan berkomitmen untuk berkontribusi aktif menjaga kondusifitas pilkada mulai dari persiapan hingga selesainya pemilihan dan terpilihan kepala daerah yang sah.

"Kami pastikan seluruh jajaran kami akan proaktif dalam mengawal pelaksanaan pilkada pada November mendatang, khususnya di Rutan Palu kami juga memastikan setiap warga binaan dapat memilih berdasarkan identitasnya yang terdaftar, ini juga telah kami koordinasikan ke KPU Kota dan Provinsi," tutur Radot.

Sementara itu, Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng juga menyambut baik atas kunjungan tersebut, ia berharap agar sinergitas antara pihaknya bersama jajaran Kepolisian dapat terus menguat.

Apalagi, saat ini, merupakan saat-saat akhir menjelang Pilkada, Hermansyah Siregar juga mengatakan bahwa Pilkada yang direncanakan akan digelar pada 27 November mendatang, Rutan Palu juga kembali menjadi salah satu lokasi khusus pemungutan suara.

Hal tersebut, kata dia adalah bentuk pemenuhan hak konstitusi yang dimiliki oleh seluruh warga binaan pemasyarakatan.

“Kita harap sinergi ini terus terjalin dengan baik, kita terus berupaya agar pemungutan suara di Lapas/Rutan berjalan dengan baik, seperti pada Pemilu sebelumnya,” terang Hermansyah.

Tidak hanya itu, ia juga mengimbau kepada seluruh petugas pemasyarakatan di Sulawesi Tengah agar terus menjaga netralitas ASN dalam pemilihan kepala daerah.

Hermansyah Siregar akan menindak tegas bila terdapat oknum yang mencoba mencoreng integritas Kemenkumham karena ketidak netralannya.

“Kami imbau seluruh jajaran agar bersikap netral, jangan berani-berani mencoba menyelewengkan kekuasaannya, bila terjadi, akan ditindak setegas-tegasnya, mari kita hasilkan Pilkada yang berintegritas seperti sebelumnya,” pungkas Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Rutan Palu Terima Kunjungan Polda Sulteng, Optimalkan Keamanan dan Kondusifitas Pilkada 2024
  • 0

Berita Terkini

Iklan