Iklan 1060x90

Optimalkan Program Jelas Sehat, Rutan Palu Gandeng Puskesmas Birobuli

Dito Pieter
19 September 2024, September 19, 2024 WIB Last Updated 2024-09-19T10:26:14Z
MediaJawa – Bersama Puskesmas Birobuli, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah optimalkan program Jelas Sehat (jenguk langsung sampai sehat) dengan melakukan pemeriksaan kesehatan langsung ke blok kamar hunian warga biaan, Rabu (18/9).

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Herdi, menjelaskan bahwa program Jelas Sehat sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga binaan. “Program jelas sehat ini kami lakukan secara rutin sebagai bentuk perhatian kami kepada warga binaan untuk memastikan mereka selalu dalam keadaan sehat selama menjalani masa pembinaan di Rutan,” terang Herdi.

“Kontrol kesehatan secara langsung ke blok hunian dilakukan untuk mengetahui kondisi, hingga masalah kesehatan dan memetakan kondisi kesehatan warga binaan,” ungkap Herdi.

Pada kesempatan ini, warga binaan dilakukan pemeriksaan kesehatan yang ditangani oleh dr Andrew bersama perawat Klinik Rutan Sehat. Selain dilakukan pemeriksaan, warga binaan diberika obat-obatan sesuai keluhan dan diberikan edukasi terkait pentingnya membudayakan pola hidup bersih dan sehat, pencegahan terhadap kemungkinan munculnya berbagai penyakit dan masalah kesehatan lain, sehingga tindakan pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan dengan baik.

Kepala Rutan, Yansen, ungkapkan bahwa program Jelas Sehat ini menjadi bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal. “Kami pastikan seluruh warga binaan mendapatkan pelayanan yang maksimal, salah satunya pelayanan kesehatan. Kesehatan warga binaan menjadi salah satu prioritas kami. Jika kesehatan warga binaan terjaga, tentu mereka dapat mengikuti pembinaan dengan baik,” ujar Yansen.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, turut memberikan dukungan positif dan apresiasi kepada seluruh jajaran Rutan Palu yang telah berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan.

“Mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik merupakan hak dasar seluruh warga binaan yang wajib kita penuhi secara maksimal. Kolaborasi antara Rutan Palu dan Puskesmas Birobuli melalui program jelas sehat menjadi langkah preventif dalam menjaga kesehatan warga binaan hingga menyukseskan setiap program pembinaan yang ada,” ungkap Hermansyah Siregar. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Optimalkan Program Jelas Sehat, Rutan Palu Gandeng Puskesmas Birobuli
  • 0

Berita Terkini

Iklan