Iklan 1060x90

Lewat Layanan KPK, LPKA Palu Proaktif Wujudkan Anak Binaan Sehat dan Terlindungi

Dito Pieter
20 September 2024, September 20, 2024 WIB Last Updated 2024-09-20T11:24:53Z
MediaJawa - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) kembali menunjukkan komitmennya dalam menjamin hak-hak kesehatan anak binaan melalui layanan Konsultasi Pelayanan Kesehatan (KPK) yang menerapkan sistem jemput bola, Jumat, (20/9/2024).

Layanan ini dirancang khusus untuk memudahkan akses anak binaan terhadap pelayanan kesehatan, terutama bagi mereka yang membutuhkan penanganan medis segera. Kepala LPKA Palu, Mohammad Kafi, menegaskan bahwa layanan KPK tidak hanya sekadar responsif, tetapi juga proaktif dalam memastikan setiap anak binaan mendapatkan hak kesehatannya secara optimal.

"Setiap anak berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Melalui layanan KPK, kami jemput bola untuk memastikan bahwa tidak ada anak yang terabaikan dalam hal kesehatan," tegas Kafi kepada media

Dengan dukungan tenaga medis yang berkompeten, tim KPK siap melakukan pemeriksaan rutin, konsultasi, serta pengobatan bagi anak binaan yang mengalami gangguan kesehatan. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mendukung proses pembinaan yang optimal.

"Tak hanya fokus pada pengobatan, layanan KPK juga bertujuan mendorong kesadaran anak binaan akan pentingnya menjaga kesehatan melalui edukasi dan penyuluhan kesehatan secara berkala," jelas Kafi

Sementara itu, apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar yang juga secara langsung mendorong terciptanya layanan yang responsif dan humanis, serta selalu menekankan pentingnya pemenuhan hak kesehatan bagi setiap anak binaan.

“Layanan KPK ini adalah wujud nyata komitmen kita untuk tidak hanya memberikan pembinaan mental, tetapi juga menjaga fisik anak-anak ini agar tetap sehat. Semua anak berhak mendapatkan kesehatan yang layak, dan ini adalah tanggung jawab kita,” ungkap Hermansyah Siregar

Hermansyah juga menekankan bahwa fasilitas medis yang memadai dan sumber daya yang handal merupakan faktor utama terselenggaranya pelayanan kesehatan prima bagi para anak binaan.

Lebih lanjut, ia juga berharap melalui pemenuhan hak dasar ini dapat menwujudkan generasi muda yang sehat dan cerdas. "Pastikan hak-hak dasar bagi anak binaan terpenuhi dengan baik, itu merupakan implementasi dari fungsi pemasyarakatan, yaitu Pelayanan dan Perawatan," tutur Hwrmansyah

Langkah progresif ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk orang tua dan masyarakat yang merasa tenang mengetahui bahwa LPKA Palu terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak di bawah asuhannya.

Dengan upaya ini, LPKA Palu semakin memperkuat posisinya sebagai lembaga yang berkomitmen tidak hanya pada pembinaan mental, tetapi juga fisik anak-anak binaan, demi masa depan yang lebih cerah dan sehat.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Lewat Layanan KPK, LPKA Palu Proaktif Wujudkan Anak Binaan Sehat dan Terlindungi
  • 0

Berita Terkini

Iklan