Iklan 1060x90

Komitmen Jaga Pola Hidup Sehat, Lima Anak Binaan di LPKA Palu Bebas Narkoba

Dito Pieter
19 September 2024, September 19, 2024 WIB Last Updated 2024-09-19T10:39:25Z
MediaJawa – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) kembali menunjukkan langkah proaktif dengan menggelar tes urine kepada lima anak binaan, Rabu, (18/9/2024) dan dinyatakan bebas dari narkoba dengan hasil negatif.

“Kelima anak binaan tersebut baru saja kami terima dari beberapa Kejaksaan Negeri Palu dan Poso. Selain dilakukan registrasi dan pemeriksaan berkas secara menyeluruh, tentu pemeriksaan kesehatan seperti ini wajib dilakukan,” ujar Kepala LPKA Palu, Mohammad Kafi.

Lebih lanjut, Kafi juga menegaskan bahwa komitmen ini menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Berantas Narkoba, Sinergi Bersama Aparat Penegak Hukum, ditambah Back to Basic.

“Kita ingin semua yang ada di LPKA Palu, baik dari seluruh pegawai ataupun anak binaan terhindar dari penggunaan barang/obat terlarang,” jelas Kafi

"Ini bukan sekadar tes rutin, tetapi juga bukti nyata bahwa anak-anak binaan kami berkomitmen untuk menjalani hidup sehat dan menjauhi narkoba. Kami sangat bangga dengan hasil ini, karena ini menunjukkan bahwa program pembinaan yang kami terapkan berjalan efektif," tambahnya

Salah satu anak binaan mengungkapkan rasa bangganya atas hasil negatif tersebut. "Kami merasa didukung untuk berubah menjadi lebih baik. Tes ini bukan hanya sebagai pengawasan, tapi juga menguatkan niat kami untuk menjalani hidup yang lebih sehat ke depannya," ungkapnya JK, perwakilan anak binaan.

Sementara itu, keberhasilan tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar yang bangga atas terobosan serta komitmen LPKA Palu dalam mewujudkan generasi muda yang cerdas dan sehat.

“Terima kasih telah menerapkan Standar Operasional Prosedur sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Tentu hal ini menjadi contoh teladan yang dapat diterapkan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas/Rutan dan LPKA,” tegas Hermansyah Siregar

Kakanwil Hermansyah Siregar juga berharap melalui kegiatan ini dapat mencerimkan bahwa seluruh jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng menunjukan integritas tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mari kita bersama saling menjaga, memajukan kementerian ini dengan komitmen kerja yang menunjukan pelayanan prima serta memiliki dampak positif kepada masyarakat,” pesan Hermansyah Siregar.

Dengan adanya komitmen yang kuat dari semua pihak, LPKA Palu bertekad untuk terus menjaga lingkungan bebas narkoba dan mendukung anak-anak binaan untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Komitmen Jaga Pola Hidup Sehat, Lima Anak Binaan di LPKA Palu Bebas Narkoba
  • 0

Berita Terkini

Iklan