Iklan 1060x90

Kemenkumham Sulteng: Dengan Sentuhan Humanis, Lindungi Psikologis Anak Binaan di LPKA Palu

Dito Pieter
10 September 2024, September 10, 2024 WIB Last Updated 2024-09-10T10:04:32Z
MediaJawa – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng melanjutkan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang penuh empati dan keharmonisan dalam proses pendaftaran tahanan baru.

Kata Muhammad Kafi, Kepala LPKA Palu, hal tersebut dilakukan guna mengutamakan kesejahteraan dan rasa hormat terhadap individu.

Proses registrasi ini tidak hanya melibatkan pengumpulan data dan dokumentasi, tetapi juga dirancang untuk menciptakan suasana yang mendukung kesejahteraan psikologis dan emosional tahanan baru. Setiap tahanan diberikan waktu dan perhatian untuk memahami prosedur yang mereka hadapi, dengan tujuan mengurangi stres dan memberikan dukungan awal yang mereka butuhkan.

"Kami memahami bahwa memasuki lingkungan baru bisa menjadi pengalaman yang menegangkan. Oleh karena itu, kami menerapkan pendekatan yang lebih humanis dalam proses registrasi ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap tahanan merasa dihargai dan didukung, bukan hanya sebagai bagian dari sistem, tetapi sebagai individu dengan hak dan martabat,” ujar Kafi, Selasa, (10/9/2024).

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa hal ini menjadi prioritas seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng yang dipimpin oleh Hermansyah Siregar, dalam memberikan pelayanan kepada setiap elemen masyarakat. 

“Kita tahu mereka telah melakukan perbuatan melanggar hukum, akan tetapi kita tidak bisa menghukumnya secara psikologi,” tegasnya

Senada, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, juga menekankan pentingnya pelayanan prima dalam proses registrasi ini. "Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua lembaga pemasyarakatan, termasuk LPKA Palu, menjalankan pelayanan dengan standar yang tinggi dan penuh perhatian,” jelasnya.

“Pendekatan humanis ini adalah langkah penting dalam mendukung proses rehabilitasi dan integrasi tahanan baru," tambah Hermansyah Siregar.

Hal itu ia katakan, bahwa pelayanan prima bukan hanya tentang memenuhi prosedur administratif, tetapi juga tentang memberikan dukungan yang memadai untuk kesejahteraan tahanan. 

"Dengan mendukung inisiatif ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan lebih produktif bagi semua individu yang berada di bawah pengawasan kami," pungkas Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Kemenkumham Sulteng: Dengan Sentuhan Humanis, Lindungi Psikologis Anak Binaan di LPKA Palu
  • 0

Berita Terkini

Iklan