Iklan 1060x90

Karya Seni Dibalik Jeruji Lapas Perempuan Palu, Tuai Apresiasi DWP Kemenkumham RI

Dito Pieter
26 September 2024, September 26, 2024 WIB Last Updated 2024-09-26T04:25:44Z
MediaJawa - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Palu.

Dalam kunjungan ini, para pengurus DWP yang dipimpin langsung oleh Ketua DWP, Ny. Yayuk Iwan Kurniawan disambut hangat oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar bersama dengan sang Istri, Ny. Siska Novita serta para Kepala Divisi dan Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Sulteng.

Salah satu yang menarik perhatian adalah hasil karya kerajinan tangan yang dihasilkan oleh para warga binaan perempuan. Produk-produk seperti tas anyam, kerajinan dari bahan daur ulang memiliki kualitas yang sangat baik dan nilai jual yang tinggi.

Ny. Yayuk Iwan Kurniawan, dalam sambutannya, menyampaikan kekagumannya atas kreativitas dan semangat para warga binaan. “Saya sangat terkesan dengan hasil karya yang dihasilkan oleh ibu-ibu di sini. Ini membuktikan bahwa dengan semangat dan kemauan yang kuat, kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” ujarnya.

Kunjungan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara DWP dan warga binaan. DWP memberikan dukungan moril dan semangat kepada para warga binaan agar terus berkarya dan mengembangkan potensi diri.

Sementara itu, Hermansyah Siregar pun menyambut baik atas kunjungan pengurus inti DWP Kemenkumham RI, ia menilai kunjungan tersebut memberi kehangatan tersendiri bagi seluruh warga binaan LPP yang saat ini dipimpin oleh pelaksana tugas. Antonius Andry.

Ia juga menegaskan akan terus berupaya meningkatkan program pembinaan bagi seluruh warga binaan, apalagi, saat ini pihaknya juga telah meningkatkan proses produksi dan penjualan bagi hasil karya warga binaan.

“Ini sudah kita sediakan di marketplace, jadi upaya untuk memperluas penjualan akan terus kita lakukan, mereka kita siapkan agar bisa menyiapkan masa depan mereka ketika telah bebas nanti,” katanya.

Didampingi Yudi Suseno, Kepala Divisi Pemasyarakatan, ia juga berkomitmen untuk mendukung pembangunan daerah, melalui pengembangan kapasitas dari seluruh warga binaannya.

“Di Lapas Perempuan kita intensifkan pelatihan keterampilan, ada menjahit, pembuatan aksesoris, ada juga urusan tata boga dan lainnya, pengembangan ini menjadi fokus kita agar turut menyokong pembangunan daerah yang kita cintai ini,” terangnya.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, ia menerangkan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat serta berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya.

Kata Hermansyah Siregar, hal itu sejalan dengan atensi khusus Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas beberapa waktu yang lalu, untuk memastikan pembinaan yang diberikan berkualitas dan berdampak baik.

“Semua sektor kita gandeng untuk menyukseskan atensi Bapak Menteri, karena hal ini juga adalah tugas kita bersama, bahu membahu untuk memajukan bangsa dan negara,” pungkas Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Karya Seni Dibalik Jeruji Lapas Perempuan Palu, Tuai Apresiasi DWP Kemenkumham RI
  • 0

Berita Terkini

Iklan