Iklan 1060x90

Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Jajaran Gelar Skrining TB-HIV Bersama Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Puskesmas Samarinda Kota

Dito Pieter
25 September 2024, September 25, 2024 WIB Last Updated 2024-09-25T10:19:21Z
MediaJawa - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Samarinda kembali melakukan langkah nyata dalam upaya promotif dan preventif penyakit menular. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Samarinda melalui Puskesmas Samarinda Kota, Kalapas Samarinda melalui jajaran melaksanakan skrining TB-HIV kepada seluruh warga binaan. Rabu, (25/9).

Skrining ini melibatkan total 176 warga binaan dan akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 25 s/d 27 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini status TB-HIV para warga binaan sehingga dapat mencegah perkembangan penyakit. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Lapas Samarinda dalam menjaga kesehatan para warga binaan dan memastikan lingkungan yang sehat di dalam lapas.

Kepala Lapas Samarinda Hudi Ismono melalui Kasi Binadik Pariadi, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya penting dalam program kesehatan yang menyeluruh di Lapas Samarinda. "Deteksi dini TB-HIV sangat penting untuk memastikan penanganan yang tepat dan mencegah penyebaran lebih lanjut. Kami berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan seluruh pihak yang terlibat dalam skrining ini," ujar Pariadi

Pelaksanaan skrining ini melibatkan tim dari Dinas Kesehatan, Penabulu dan PKBI, jajaran seksi Bimaswat, serta monitor langsung dari Kalapas Samarinda. Proses skrining berjalan lancar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan adanya skrining HIV ini, Lapas Samarinda menunjukkan komitmennya dalam menjaga kesehatan warga binaan dan memastikan lingkungan lapas yang sehat. Kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Kesehatan dan Pokja TB HIV, diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat besar bagi seluruh penghuni lapas.

Diharapkan melaui kegiatan ini jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda dapat memberikan pelayanan prima hingga dapat membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM menindaklanjuti arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Gun Gun Gunawan melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang Lintang Hardiman.

- Lapas Samarinda 
Komentar

Tampilkan

  • Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Jajaran Gelar Skrining TB-HIV Bersama Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Puskesmas Samarinda Kota
  • 0

Berita Terkini

Iklan