Iklan 1060x90

Deteksi Dini Pada Area Brandgang, Langkah Konkret Komitmen Pastikan Lapas Aman dan Kondusif

Dito Pieter
09 September 2024, September 09, 2024 WIB Last Updated 2024-09-09T10:22:29Z
MediaJawa -  Senin (09/09) Kanwil Kemenkumham Sulteng melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu melakukan deteksi dini pada area brandgang, hal tersebut guna memastikan kondisi Lapas Aman dan Kondusif terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban.

Hal tersebut diketahui, saat Kepala Lapas Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng, *Makmur* didampingi langsung oleh Ka. KPLP Marthen Limbong, Kasi Kamtib Muh. Anis, Kasubag TU Mahasar, dan Kasubsi Keamanan Lili melakukan kontrol di area brandgang Lapas.

Makmur menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari tugas rutin dilaksanakan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib), sejalan dengan program 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju yang terus digaungkan Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Yudi Suseno.

“Ini jadi upaya cegah gangguan Kamtib, selain itu, kegiatan ini sekaligus mengecek kondisi sarana dan prasarana keamanan, serta memastikan kesiap-siagaan petugas dalam menghadapi gangguan Kamtib,” jelas Makmur.

Kalapas *Makmur* menyampaikan pentingnya kerja sama antar petugas dan narapidana untuk secara bersama-sama mendisiplinkan diri dalam menjaga keamanan dan ketertiban sesuai dengan arahan Dirjen Pemasyarakatan, bahwa salah satu kunci pemasyarakatan maju adalah deteksi dini.

Sementara itu, Hermansyah Siregar juga turut menguraikan bahwa kontrol pada area brandgang sangat penting untuk terus dilakukan, ia menjelaskan bahwa area tersebut sangat rentan terjadi gangguan Kamtib, utamanya yang marak terjadi seperti pelemparan barang terlarang seperti Narkotika.

Kata Hermansyah, sudah belasan kali pihaknya telah menyukseskan penggagalan penyelundupan narkotika dengan modus pelemparan tersebut.

Ia memastikan bahwa jajarannya akan terus memastikan situasi Lapas Aman dan Kondusif. Hermansyah Siregar juga menegaskan akan terus berperang melawan peredaran gelap narkotika di Lapas maupun Rutan di Sulteng.

“Kita terus upayakan agar situasi tetap aman dan kondusif, memastikan pembinaan dapat terus berjalan dengan lancar agar mereka semua bisa menjadi pionir pembangunan dimasa depan,” pungkas Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Deteksi Dini Pada Area Brandgang, Langkah Konkret Komitmen Pastikan Lapas Aman dan Kondusif
  • 0

Berita Terkini

Iklan