Iklan 1060x90

Beri Pengarahan Mapenaling, Kalapas Samarinda Hudi Ismono: Laksanakan Pembinaan dengan Sepenuh Hati

Dito Pieter
17 September 2024, September 17, 2024 WIB Last Updated 2024-09-17T13:43:58Z
MediaJawa - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda Hudi Ismono, didampingi jajaran Pejabat Struktural Eselon IV memberikan pengarahan kepada warga binaan yang sedang menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling). Selasa, (17/9).

"Kita berikan berbagai arahan kepada warga binaan baru yang sedang proses Mapenaling," kata Kepala Lapas (Kalapas) Samarinda Hudi Ismono.

Kalapas Hudi Ismono melanjutkan Mapenaling merupakan suatu kegiatan pengenalan lingkungan kepada tahanan yang baru masuk sebelum nantinya menjadi warga binaan. Kegiatan yang diberikan berupa pengenalan lingkungan Lapas, kewajiban hak dan larangan, pengenalan terhadap petugas dan pejabat Lapas, penyuluhan agama, pemberian wawasan kebangsaan, dan kegiatan olahraga.

Kalapas juga menegaskan kepada para warga binaan baru harus ikut aturan yang telah dibuat negara.
"Kami di sini berusaha sesering mungkin memberikan arahan kepada semua tahanan yg akan menjadi warga binaan untuk bisa memahami dan melaksanakan terkait aturan yang ada" tegasnya.

"Hak-hak kalian harus juga saya penuhi, tapi kewajiban kalian yang harus dilaksanakan juga ada. Mari bergerak bersama. Kesehatan dan kebutuhan sehari-hari kalian tanggung jawab kami, tapi kalau kalian tidak peduli dengan diri sendiri ya percuma" imbuhnya.

Pada kesempatan ini kalapas mengingatkan untuk bisa hidup berkelompok dengan warga binaan lainnya. Serta dapat menjaga keamanan dan ketertiban selama menjalani masa hukuman.
"Kehidupan akan sangat ditentukan oleh pikiran kalian sendiri, kalian hidup bersosial, dari berbagai macam watak dan karakter. Kami meberikan pelayanan secara umum maka tekan ego kalian untuk bisa hidup berkelompok berdampingan." pungkasnya

"Jaga keamanan dan ketertiban selama di sini. Coba berfikir dari hati yg paling dalam perbuatan apa yg menyebabkan kalian disini. Persiapkan dalam menghadapi persidangan dan jaga kesehatan kalian" ujar Kalapas Hudi Ismono.

Selain itu Hudi mengajak seluruh tahanan baru yang mengikuti mapenaling untuk mengikuti kegiatan yang ada, 
"Jangan hanya masuk lapas, kalian datang kesini bukan keinginan kalian. Dengan suatu keadaan kalian terpaksa disini. Kalau bukan dari hati kalian maka pembinaan yang diberikan akan percuma. Tapi setidaknya kami telah berusaha menasihati dan membina kalian. Selanjutnya bagaimana kalian menyikapinya dari hati kalian" tutup Kalapas Hudi Ismono.

Lapas Samarinda beserta jajaran akan terus melakukan tugas pokok dan fungsi membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan melalui Kadivpas Kaltim Endang Lintang Hardiman.

- Lapas Samarinda 
Komentar

Tampilkan

  • Beri Pengarahan Mapenaling, Kalapas Samarinda Hudi Ismono: Laksanakan Pembinaan dengan Sepenuh Hati
  • 0

Berita Terkini

Iklan