Iklan 1060x90

Usai Raih Minat Tinggi di Sulteng Expo 2024, Hasil Karya Meronce Anak Binaan LPKA Palu Terus Dikembangkan

Dito Pieter
17 Juli 2024, Juli 17, 2024 WIB Last Updated 2024-07-17T10:39:03Z
MediaJawa - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) terus mengembangkan keterampilan meronce bagi anak binaannya.

Hal ini dilakukan setelah melihat antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap hasil karya meronce anak binaan LPKA Palu pada kegiatan Sulteng Expo 2024 yang berlangsung dari tanggal 25 sampai 28 April 2024 yang lalu.

Meronce sendiri merupakan seni merajut benang dengan jarum khusus untuk menghasilkan berbagai macam hiasan, seperti tas, taplak meja, dan lainnya.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan bahwa pelatihan meronce merupakan salah satu upaya pembinaan kemandirian bagi anak binaan.

Ia menjelaskan bahwa pelatihan meronce ini juga bermanfaat untuk melatih dan meningkatkan motorik halus, kesabaran,ketelitian, dan fokus anak binaan.

"Melalui pelatihan ini, anak binaan dilatih untuk memiliki keterampilan dan kreativitas dalam menghasilkan karya seni yang bernilai ekonomis," ujar Revanda.

Tingginya minat masyarakat terhadap stand LPKA Palu pada Sulteng Expo 2024 menunjukkan bahwa hasil karya meronce anak binaan LPKA Palu juga memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan.

Hal itu pun mendapat apresiasi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar, dalam keterangannya, ia berharap agar seluruh anak binaan LPKA Palu senantiasa mengikuti pembinaan keterampilan dengan sebaik-baiknya.

Ia menyebut bahwa jajaran Pemasyarakatan Kemenkumham Sulteng terus berkomitmen untuk menghadirkan pembinaan yang berkualitas.

“Di LPKA Palu, anak-anak kita terjadwal mengikuti berbagai pembinaan, ada pendidikan formal dan nonformal, kepribadian hingga kemandirian seperti pelatihan keterampilan meronce, pastinya pembinaan-pembinaan ini akan terus kita gaungkan ya,” ungkapnya. Rabu, (17/7/2024).

Dari hal tersebut, Hermansyah Siregar berharap dengan pengembangan keterampilan meronce, anak binaan dapat memiliki bekal untuk hidup mandiri setelah selesai menjalani masa pembinaan di LPKA Palu.

"Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk terus mengembangkan keterampilan meronce bagi anak binaan, kita mau mencetak generasi emas, generasi yang banyak menorehkan prestasi, generasi yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa kita dimasa depan," pungkas Hermansyah Siregar.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Usai Raih Minat Tinggi di Sulteng Expo 2024, Hasil Karya Meronce Anak Binaan LPKA Palu Terus Dikembangkan
  • 0

Berita Terkini

Iklan