Iklan 1060x90

Peringati HUT Ke-64 Kab. Banggai, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Kenakan Pakaian Adat Suku Andio Banggai

Dito Pieter
08 Juli 2024, Juli 08, 2024 WIB Last Updated 2024-07-08T10:57:07Z
MediaJawa – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Banggai, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, tampil beda dengan mengenakan pakaian adat Suku Andio Banggai pada acara puncak perayaan HUT ke-64 Kab. Banggai yang berlangsung di Lapangan Tribun Mirqan Halimun, pada hari Senin, 8 Juli 2024.

Penampilan Hermansyah Siregar dengan pakaian adat Suku Andio Banggai ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak,termasuk Wakil Gubernur Sulteng, H. Ma’mun Amir.

"Penampilan Pak Kakanwil dengan pakaian adat Suku Andio Banggai ini merupakan wujud penghormatan dan kecintaan beliau terhadap budaya dan tradisi Kabupaten Banggai, beliau adalah orang Banggai yang berasal di Sumatera Utara,” kata Ma’mun Amir.

Hermansyah Siregar sendiri mengaku bangga dapat mengenakan pakaian adat Andio Banggai yang merupakan ciri khas dari Suku Andio yang mendiami lembah tompotika.

Apalagi, Kab. Banggai sendiri, menurutnya merupakan mitra kerja strategis yang terus berkolaborasi dan berkomitmen kuat mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham Sulteng di daerah.

“Saya merasa terhormat dapat mengenakan pakaian adat Suku Andio Banggai ini. Seperti yang disampaikan Bapak Wagub, saya sangat senang menjadi bagian dalam pembangunan di Sulteng," ujarnya.

Didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Raymond JH. Takasenseran, Kadiv Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto dan Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Herlina, ia juga mengapresiasi atas berbagai pencapaian baik yang telah ditorehkan Pemerintah Kab. Banggai yang dipimpin Bupati, Ir. Amirudin bersama Wakil Bupati Drs. H. Furqanuddin Masulili.

Ia menguraikan disamping toleh menghasilkan ratusan inovasi layanan, dalam momen istimewa tersebut, Pemkab. Banggai secara resmi menerima 30 Sertifikat Hak Cipta atas Kekayaan Intelektual dari karya cipta dari para perangkat daerahnya, termasuk 4 Hak Cipta karya Bupati Amirudin.

“Momen ini bertambah istimewa dan bersejarah dengan penyerahan sertifikat Hak Cipta atas 30 inovasi dari perangkat daerah Pemkab. Banggai, semoga menjadi langkah awal juga untuk Banggai lebih maju,” terangnya.

Dalam momen puncak peringatan HUT Kab. Banggai tersebut, Bupati Amirudin mengapresiasi kepada jajaran dan seluruh masyarakat Kab. Banggai yang terus bersinergi bersama membangun daerah.

Dengan mengusung moto Bangga Banggai, ia berharap, diusia Kab. Banggai yang ke-64, dapat terus berkembang dan berinovasi, hal tersebut, menurutnya terobosan inovasi adalah motor penggerak untuk Banggai yang lebih maju.

“Saat ini sudah 138 inovasi yang kita lakukan bersama, dan bertambah lagi dengan 30 inovasi yang telah kita catatkan sebagai kekayaan intelektual Kab. Banggai. Ini menjadi perhatian kita semua untuk lebih kompak dan membangun Banggai yang lebih sejahtera dan maju,” harap Amirudin.

Penampilan Hermansyah Siregar dengan pakaian adat Suku Andio Banggai ini menjadi salah satu momen menarik dalam acara puncak perayaan HUT ke-64 Kab. Banggai. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lainnya,seperti pameran budaya, karnaval, dan pertunjukan seni.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Peringati HUT Ke-64 Kab. Banggai, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Kenakan Pakaian Adat Suku Andio Banggai
  • 0

Berita Terkini

Iklan