Iklan 1060x90

Melalui Dukungan The Global Fund Rutan Palu Lakukan Pelatihan Dan Penguatan Kader Kesehatan

Dito Pieter
16 Juli 2024, Juli 16, 2024 WIB Last Updated 2024-07-16T09:53:38Z
MediaJawa – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu melalui dukungan The Global Fund melakukan Pelatihan dan Penguatan Kader Kesehatan kepada dua puluh tujuh (27) orang Warga Binaan. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan upaya pencegahan dan penyebaran penyakit menular lainnya di Rutan Palu, Senin (15/7).

Pembentukan Kader Kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga binaan, sebagai pendamping dan pendidik, membantu sesama Narapidana dalam memahami pentingnya perawatan kesehatan, penanganan penyakit, dan praktik kesehatan yang baik. Kegiatan ini pun di pantau langsung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Bertempat di Aula Pogombo, Kegiatan pembentukan Kader Kesehatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Rutan, Yansen sekaligus memberikan sambutan dalam pelaksanaan kegiatan ini dan di dampingi oleh kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Herdi serta petugas Kesehatan yang secara bergantian memberikan materi pelatihan dasar sebagai bekal pengetahuan bagi para Kader Kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

Dalam sambutannya Yansen berharap melalui kegiatan tersebut para Kader Kesehatan Lapas dapat menjadi penggerak dalam mencegah penyakit menular “Kami sangat berterimakasih dan berapresiasi kepada 27 orang Warga Binaan yang hadir saat ini untuk di lantik menjadi Kader Kesehatan. Rutan Palu akan terus mendukung dan berkomitmen dalam peningkatan Layanan Kesehatan bagi warga binaan, terutama dalam Layanan penyakit menular berbahaya” Jelas Yansen.

”Pembentukan kader kesehatan juga merupakan bentuk akselerasi pelayanan, khususnya di bidang kesehatan. Pembentukan dan pelatihan kader merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi Warga Binaan agar tetap sehat selama berada di Rutan.” tambah Yansen sekaligus membuka kegiatan ini.

Di tempat yang berbeda, Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah juga memberikan pesan kepada warga binaan yang terpilih menjadi Kader Kesehatan agar bertanggung jawab untuk amanah dengan tugas yang diberikan kepada mereka. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Melalui Dukungan The Global Fund Rutan Palu Lakukan Pelatihan Dan Penguatan Kader Kesehatan
  • 0

Berita Terkini

Iklan