Iklan 1060x90

Layanan Kunjungan: Dukungan Keluarga Sukseskan Program Pembinaan Warga Binaan

Dito Pieter
06 Juli 2024, Juli 06, 2024 WIB Last Updated 2024-07-06T05:42:58Z
MediaJawa – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah Optimalkan peran keluarga dalam mendukung suksesnya program pembinaan warga binaan. Kepala Rutan Palu, Yansen menjelaskan bahwa dukungan dari keluarga bagi warga binaan membantu untuk selalu menjaga dan memulihkan keadaan psikologis warga binaan, Sabtu (6/7).

“Melalui pelayanan kunjungan, keluarga dapat memberikan dukungan secara fisiologis, psikologis, maupun dukungan sosial. Adanya dukungan keluarga membuat warga binaan merasa diperhatikan, bernilai, dan dicintai, sehingga menjadi sumber motivasi warga binaan untuk dapat menjalani program pembinaan dengan baik,” tutur Yansen.  

Ia menambahkan bahwa pelayanan kunjungan di Rutan Palu telah dilaksanakan sesuai Standar Operasioanl Prosedur (SOP) yang berlaku. “Setiap pengunjung wajib membawa kartu identitas seperti KTP,SIM, atau kartu keluarga dan dilarang membawa barang yang dapat menggangu keamanan dan ketertiban,” jelas Yansen.

“Selain layanan kunjungan tatap muka, kami juga menyediakan layanan sapa keluarga yaitu pelayanan kunjungan melalui video call. Pelayanan ini gratis tanpa dipungut biaya dan ini sebagai komitmen kami dalam memberikan pelayanan optimal bagi seluruh warga binaan,” tambahnya.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menuturkan bahwa dukungan keluarga dapat membangkitkan semangat warga binaan untuk selalu berpikir positif dan perlahan-lahan memulihkan psikologisnya.

“Keluarga dapat memberikan dukungan sosial yaitu dengan cara memberikan saran, nasihat, usulan, maupun petunjuk kepada warga binaan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pembinaan dengan baik. Secara tidak langsung hal ini dapat menyukseskan setiap program pembinaan yang ada,” ujar Hermasnyah. 

Kakanwil Hermansyah Siregar juga mengimbau seluruh jajaran Lapas/Rutan se-Sulawesi Tengah untuk meningkatkan sinergitas dengan APH setempat dan instansi terkait dalam meningkatkan pelayanan dan pembinaan serta menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Layanan Kunjungan: Dukungan Keluarga Sukseskan Program Pembinaan Warga Binaan
  • 0

Berita Terkini

Iklan