Iklan 1060x90

Kemenkumham Sulteng dan Unismuh Palu Bersinergi, Komitmen Tingkatkan Layanan Hukum dan HAM serta Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi

Dito Pieter
02 Juli 2024, Juli 02, 2024 WIB Last Updated 2024-07-02T12:20:09Z
MediaJawa – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu sepakat untuk menjalin sinergi dalam rangka meningkatkan layanan hukum dan hak asasi manusia (HAM) serta memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kesepakatan ini menjadi komitmen bersama antara Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, S.H., M.H dan Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, S.E., M.M di Ruang Kerja Rektor Unismuh, Selasa, (2/7/2024) siang.

Dalam sambutannya, Hermansyah Siregar yang didampingi Kepala Divisi Administrasi, Raymond JH. Takasenseran, Kepala Subbidang (Kasubid) Layanan Admijistrasi Hukum Umum (AHU), Indra DS. Gommo dan Kasubid Layanan Kekayaan Intelektual (KI) mengatakan bahwa sinergi ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan hukum dan HAM.

Ia yang merupakan alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) juga menjelaskan bahwa Kemenkumham Sulteng yang terbagi menjadi 4 Divisi memiliki berbagai program dan kegiatan yang dapat disinergikan dengan Unismuh Palu, seperti layanan AHU, KI, Pemajuan HAM, Penyuluhan dan Layanan Hukum hingga Pembentukan Produk Hukum, Keimigrasian hingga penguatan tri dharma perguruan tinggi yang dapat melibatkan institusi pemasyarakatan.

"Kami berharap sinergi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi mahasiswa Unismuh Palu," ujar Hermansyah Siregar.

Prof. Rajindra menyambut baik kerjasama ini dan menyatakan komitmen Unismuh Palu untuk mendukung program-program Kemenkumham Sulteng.

Ia juga mengatakan bahwa Unismuh Palu memiliki potensi besar untuk bersinergi dengan Kemenkumham, terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian hukum.

"Kami siap untuk berkolaborasi dengan Kemenkumham dalam berbagai program dan kegiatan," katanya.

Didampingi Wakil Rektor I, Sudirman, S.KM., M.Kes dan Ketua Sentra KI Unismuh, Ir. H. Wahiduddin menambahkan bahwa kerjasama ini sangat penting untuk di laksanakan, hal itu, kata dia, sejalan dengan komitmennya dalam mengoptimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak hanya tentang pendidikan dan penelitian, tetapi juga tentang pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kami kepada masyarakat, kami sangat senang bisa berkolaborasi bersama,” tandasnya.

Bukan hanya itu saja, dalam momen hangat tersebut, kedua pihak akan merencanakan menggelar kegiatan workshop layanan hukum dan ham bersama serta akan intens berkolaborasi dalam kegiatan Kuliah Tamu.

Kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan hukum dan HAM.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Kemenkumham Sulteng dan Unismuh Palu Bersinergi, Komitmen Tingkatkan Layanan Hukum dan HAM serta Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • 0

Berita Terkini

Iklan