Iklan 1060x90

Ikuti Sosialisasi dari KPU Kota Palu, Rutan Palu Pastikan Hak Pilih Warga Binaan Terpenuhi

Dito Pieter
12 Juli 2024, Juli 12, 2024 WIB Last Updated 2024-07-12T05:25:54Z
MediaJawa – Pastikan hak pilih warga binaan terpenuhi pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) ikuti sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 dan 8 Tahun 2024, Kamis (11/7).

Bertempat di Hotel Best Western Coco Palu, kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu, Idrus, Divisi Perencanaan data dan Informasi, Muhammad Musbah, Forkopimda, Unsur Pemerintah Daerah. Pada kesempatan ini, Rutan Palu diwakili oleh Kepala Subseksi Pengelolaan, Radotman Sinaga dan Staf Pelayanan Tahanan Rutan, I Kadek Wahyudiana.

Dalam sambutannya, Kepala KPU, Idrus menekankan pentingnya pemahaman dan pelaksanaan aturan ini untuk memastikan daftar pemilih yang akurat dan valid. "Penyusunan daftar pemilih yang akurat merupakan salah satu elemen kunci dalam menjamin kelancaran pelaksanaan Pilkada. Kami berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam proses ini," ujar idrus.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai prosedur, tahapan, dan mekanisme penyusunan daftar pemilih. Dalam acara ini, juga disampaikan langkah-langkah strategis untuk mengatasi kendala yang mungkin muncul dalam proses penyusunan daftar pemilih.

Ditempat berbeda, Kepala Rutan Palu, Yansen berharap dengan mengikuti sosialisasi ini kami dapat memahami dan mengimplementasikan peraturan ini dengan baik. Hal ini demi tercapainya daftar pemilih yang akurat, transparan, dan akuntabel, khususnya pelaksanaan Pilkada di Rutan Palu. “Kami memastikan warga binaan yang memenuhi syarat sebagai pemilih di Rutan Palu dapat menggunakan hak pilih mereka pada Pilkada 2024,” terang Yansen.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengimbau jajaran Lapas dan Rutan Palu agar koordinasi secara intens bersama mitra terkait terus dilakukan guna memastikan Pemilu yang lancar serta aman dan kondusif.

“Terus berkoordinasi secara intens bersama KPU dan mitra terkait lainnya, siapkan antisipasi bila terdapat kendala yang mungkin terjadi dilapangan, semua warga binaan pemasyarakatan yang tercatat sebagai calon pemilih mesti menyalurkan suaranya secara nyaman dan tanpa adanya intervensi, hak konstitusional mereka harus terpenuhi dengan baik,” jelasnya Hermansyah Siregar. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Ikuti Sosialisasi dari KPU Kota Palu, Rutan Palu Pastikan Hak Pilih Warga Binaan Terpenuhi
  • 0

Berita Terkini

Iklan