Iklan 1060x90

Hak Kesehatan Warga Binaan Terpenuhi, Karutan Palu: Ini Bentuk Perhatian Kami

Dito Pieter
06 Juli 2024, Juli 06, 2024 WIB Last Updated 2024-07-06T05:38:14Z
MediaJawa – Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan secara optimal, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah gelar pemeriksaan kesehatan rutin bagi warga binaan, Sabtu (6/7).

Kepala Rutan Palu, Yansen menuturkan pemeriksaan kesehatan kami lakukan secara rutin setiap harinya, hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan mereka tetap terjaga sehingga dapat menjalani program pembinaan dengan baik.

“Kami pastikan warga binaan mendapatkan haknya tanpa diskriminasi, salah satunya mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal. Selain sebagai bentuk pemenuhan hak mereka, pemeriksaan kesehatan juga sebagai bentuk perhatian kami kepada warga binaan,” ujar Yansen.

Bertempat di Klinik Rutan Sehat, sebanyak dua puluh satu (21) orang warga binaan melakukan kontrol kesehatan yang ditangani langsung oleh dr Longginus Arief yang didampingi oleh petugas kesehatan Rutan Palu. dr Arief menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh dan terdapat dua orang warga binaan dilakukan tindakan pembersihan dan perawatan luka infeksi yang diderita warga binaan sebelum masuk ke Rutan Palu.

"Perawatan dan pemantauan luka pada warga binaan berinisial T dan TM kami lakukan setiap hari karna harus memerlukan observasi rutin. Selain kami rawat, mereka juga di berikan obat-obatan untuk mempercepat proses penyembuhan luka,” terang dr Arief.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menuturkan bahwa pemeriksaan ini adalah langkah positif dalam rangka memastikan bahwa warga binaan selalu dalam keadaan sehat dan mendapatkan pelayanan yang maksimal. 

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga binaan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk menciptakan lingkungan pemasyarakatan yang sehat dan membantu dalam memperbaiki kualitas hidup warga binaan, kesehatan serta mendukung proses pembinaannya,” ujar Hermansyah. 

- Rutan Palu 
Komentar

Tampilkan

  • Hak Kesehatan Warga Binaan Terpenuhi, Karutan Palu: Ini Bentuk Perhatian Kami
  • 0

Berita Terkini

Iklan