Iklan 1060x90

Kemenkumham Sulteng Gelar Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM 2024

Dito Pieter
20 Juni 2024, Juni 20, 2024 WIB Last Updated 2024-06-20T15:09:24Z
MediaJawa - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar kegiatan sosialisasi Strategi Nasional (Stranas) Bisnis dan HAM serta pelaksanaan Aksi HAM, Kamis, (20/6/2024).

Dipusatkan di Ruang Garuda, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar serta turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan perwakilan dari berbagai sektor, termasuk Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng, Adiman, dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Selain itu, kegiatan itu juga dihadiri tim Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia yang diwakili oleh Bowo Junianto beserta tim, Ketua Asosiasi Pengusaha Tambang Provinsi Sulawesi Tengah, serta berbagai perwakilan dari pelaku usaha juga memberikan kontribusi penting dalam acara ini.

Hermansyah Siregar menyebut, sosialisasi tersebut digelar untuk mengintegrasikan kebijakan nasional yang fokus pada perlindungan, penghormatan, dan pemulihan HAM dalam aktivitas bisnis. 

Hal ini, ia katakan, sejalan dengan komitmen pemerintah yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM, dan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2023 mengenai Strategi Nasional Bisnis dan HAM (Stranas BHAM).

“Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021, Pemerintah menegaskan komitmennya dalam melaksanakan Rencana Aksi Nasional HAM untuk kelompok sasaran seperti anak, perempuan, penyandang disabilitas, dan komunitas masyarakat adat,” kata Hermansyah Siregar.

Diketahui, Stranas BHAM sendiri merupakan arah kebijakan nasional yang memuat strategi dan langkah untuk digunakan sebagai acuan bagi Kementerian, Lembaga, Pemda, Pelaku Usaha dan Pemangku Kepentingan lainnya.

Pada akhirnya, Hermansyah pun berharap agar Stranas BHAM di Sulteng dapat berjalan dengan lancar serta berkontribusi besar dalam pencegahan dan mengantisipasi potensi dampak kegiatan bisnis terhadap HAM dan memberikan pemulihan yang efektif terhadap korban yang terdampak.

“Stranas BHAM diharapkan dapat menciptakan kebijakan yang lebih terpadu, terfokus, berdampak dan terukur mengenai bisnis dan ham, yang tentunya didukung dengan eratnya koordinasi antar semua pihak,” urai Hermansyah Siregar.

Sementara itu, Adiman pun turut mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, ia juga bersyukur atas jalinan kerja sama yang baik antara pihaknya bersama Kemenkumham Sulteng.

Komitmen menguatkan pelaksanaan tugas dan fungsi bersama menjadi prioritas Pemerintah Daerah Sulteng.

“Bersyukur yaa, dengan adanya kegiatan ini, menjadi bukti nyata kita dalam membangun daerah bersama, melalui pemajuan HAM yang menyeluruh dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat kita,” imbuh Adiman.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Kemenkumham Sulteng Gelar Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM 2024
  • 0

Berita Terkini

Iklan