Iklan 1060x90

Gandeng Puskesmas Samarinda Kota, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui jajaran Gelar Mobile VCT

Anna Shaera
13 Juni 2024, Juni 13, 2024 WIB Last Updated 2024-06-13T08:46:31Z
MediaJawa - Program yang terus berkelanjutan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Samarinda pimpinan Kalapas Hudi Ismono bekerjasama dengan Puskesmas Samarinda Kota melaksanakan kegiatan Mobile VCT HIV AIDS terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Samarinda pada Kamis (13/6/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Klinik Lapas Kelas IIA Samarinda, Staff Bimaswat, Tim Puskesmas Samarinda Kota, PKBI dan Mahakam Plus.

Kegiatan ini merupakan kegiatan skrining atau pemeriksaan awal terhadap populasi yang berisiko terkena HIV AIDS, salah satunya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Adapun hasil kegiatan Mobile VCT yang diikuti 50 orang WBP, dimana 48 orang hasil temuan Non Reaktif dan 2 orang hasil temuan Reaktif.

Lebih lanjut, bagi warga binaan dengan temuan hasil Reaktif, akan dilakukan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Pariadi, Kasi Binadik menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan VCT Mobile diawali dengan PreTest Konseling, lalu dilakukan Pemeriksaan Test HIV kepada WBP peserta kemudian peserta mengikuti PostTest Konseling.

Ia juga menegaskan bahwa “Kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah penyebaran virus HIV/AIDS di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Samarinda”.

Kalapas Samarinda Hudi Ismono juga menambahkan, diharap warga binaan dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib, serta menerapkan pola hidup sehat kedepannya, agar selalu terjaga kestabilan di dalam Lapas, sesuai dengan instruksi dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Gun Gun Gunawan dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari tentang keberlangsungan hidup warga binaan dengan sebaik-baiknya.

- Lapas Samarinda
Komentar

Tampilkan

  • Gandeng Puskesmas Samarinda Kota, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui jajaran Gelar Mobile VCT
  • 0

Berita Terkini

Iklan